![](file:///C:/DOCUME~1/SHAWAI~1/LOCALS~1/Temp/msohtml1/01/clip_image001.gif)
PENGENALAN KURIKULUM TERPADU
![](file:///C:/DOCUME~1/SHAWAI~1/LOCALS~1/Temp/msohtml1/01/clip_image002.gif)
Madrasah
Tsanawiyah Terpadu Roudlotul Qur’an pada
tahun pelajaran 2011/2012 mengadopsi sistem kurikulum TERPADU, maksud terpadu
disini adalah MTs menyajikan kurikulum perpaduan dan atau percampuran, dengan
cara mengadopsi kurikulum nasional 2010
dan memperkaya pengetahuan siswa dengan ilmu agama yang di adopsi dari
pondok pesantren, yang keduanya sudah dikemas dan dimodofikasi sedemikian rupa,
yang mengacu pada akademik modernisasi,
mengikuti perkembangan zaman serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang
cukup.
![](file:///C:/DOCUME~1/SHAWAI~1/LOCALS~1/Temp/msohtml1/01/clip_image003.gif)
![]() |
1. Kurikulum
yang diadopsi dari kurikulum pendidikan nasional.
2. Pendidikan
agama yang diadosi dari kurikulum pondok pesantren. Ini adalah salah satu
kurikulum perpaduan yang berbasis pendalaman agama dan resmi menjadi kurikulum
MTs terpadu Roudlotul Qur’an, pada sub ini secara umum ada 3 (tiga) tingkatan
yaitu sbb.
Ø Pendidikan dasar pada siawa/siswi kelas VII,
standar kompetensi yang harus dicapai pada tingkatan ini adalah semua siswa
maupun siswi diharuskan bisa membaca Al-Qur’an, jadi pada akhir tahun pelajaran
standar kompetensi akan tercapai.
Ø Pada tingkatan ke-2 (dua) atau menengah yaitu
Arabic Speaking / Percakapan
dengan bahasa Arab, Standar Kompetensi pada sub ini adalah siswa/siswi mampu berbicara dengan bahasa arab
untuk lingkungan sekitar MTs dan Asrama.
Ø Pada tingkatan ke-3 (tiga) atau kelas IX
(sembilan) adalah pendalaman agama dibidang ilmu fikih dengan standar
kompetensi siswa mampu memahami fikih dasar yang mengacu pada referensi kitab
kuning. Dan diharapkan pada akhir tahun siswa mampu membuat penilitian tentang
sebuah hukum yang kemudian dibukukan menjadi karya tulis fikihiyyah.