Kurikulum



PENGENALAN KURIKULUM TERPADU
MTs Terpadu Roudlotul Qur’an

Madrasah Tsanawiyah  Terpadu Roudlotul Qur’an pada tahun pelajaran 2011/2012 mengadopsi sistem kurikulum TERPADU, maksud terpadu disini adalah MTs menyajikan kurikulum perpaduan dan atau percampuran, dengan cara mengadopsi kurikulum nasional 2010  dan memperkaya pengetahuan siswa dengan ilmu agama yang di adopsi dari pondok pesantren, yang keduanya sudah dikemas dan dimodofikasi sedemikian rupa, yang  mengacu pada akademik modernisasi, mengikuti perkembangan zaman serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup.

Berikut ini adalah Skema dan Penjelasan Singkat Kurikulum MTs Terpadu Roudlotul Qur’an

 














1.       Kurikulum yang diadopsi dari kurikulum  pendidikan nasional.
2.       Pendidikan agama yang diadosi dari kurikulum pondok pesantren. Ini adalah salah satu kurikulum perpaduan yang berbasis pendalaman agama dan resmi menjadi kurikulum MTs terpadu Roudlotul Qur’an, pada sub ini secara umum ada 3 (tiga) tingkatan yaitu sbb.
Ø         Pendidikan dasar pada siawa/siswi kelas VII, standar kompetensi yang harus dicapai pada tingkatan ini adalah semua siswa maupun siswi diharuskan bisa membaca Al-Qur’an, jadi pada akhir tahun pelajaran standar kompetensi akan tercapai.
Ø         Pada tingkatan ke-2 (dua) atau menengah yaitu Arabic Speaking / Percakapan  dengan bahasa Arab, Standar Kompetensi pada sub ini adalah  siswa/siswi mampu berbicara dengan bahasa arab untuk lingkungan sekitar MTs dan Asrama.
Ø         Pada tingkatan ke-3 (tiga) atau kelas IX (sembilan) adalah pendalaman agama dibidang ilmu fikih dengan standar kompetensi siswa mampu memahami fikih dasar yang mengacu pada referensi kitab kuning. Dan diharapkan pada akhir tahun siswa mampu membuat penilitian tentang sebuah hukum yang kemudian dibukukan menjadi karya tulis fikihiyyah.